Kamis, 05 Februari 2015

ALUR PELAYANAN KESEHATAN DENGAN APLIKASI BPJS ONLINE DAN APLIKASI SIMPUS DI PUSKESMAS UNAAHA



         A.  Pasien Tidak Gawat
1.      Pelayanan Pasien BPJS dengan menggunakan Aplikasi BPJS
a.      Pasien datang ke puskesmas, menuju Ruang Loket Pendaftaran BPJS dengan membawa Kartu Peserta BPJS. Di Ruang Loket telah tersedia Komputer dengan situs BPJS On Line. Petugas Loket akan meregistrasi no askes pasien yang kemudian akan di arahkan ke Poli Umum, Poli Gigi atau Poli Kia sesuai dengan keluhan yang di rasakan oleh pasien dengan menggunakan Aplikasi BPJS. Saat meregistrasi akan nampak Lokasi PPK ( Pemberi Pelayanan kesehatan) dari kartu Peserta Pasien yang datang. 

b.      Pasien yang telah di daftar di Kartu, akan di lanjutkan di Poli Umum, Gigi atau KIA sesuai dengan keluhan yang di utarakan Pasien.
c.       Setelah pasien mandapatkan pemeriksaan dan pelayanan di Poli, pasien yang mendapatkan resep akan di lanjutkan di ruang apotik untuk mendapatkan obat. Pasien yang mendapatkan rujukan  Di fasilitas Kesehatan Tingkat lanjutan , akan melanjutkan ke Ruang Rujukan untuk mengambil surat Rujukan yang telah di print secara online kemudian di  register dan di stempel.
2.      Pelayanan Pasien Permata/ bahteramas/ Umum dengan menggunakan aplikasi SIMPUS
a.      Pasien datang ke Puskesmas menuju Ruang Loket Pendaftaran Permata/ bahteramas/ Umum dengan membawa kartu kepesertaan atau KTP. Di ruang Loket ini telah di sediakan fasilitas komputer untuk meregister pasien yang akan berobat. Komputer ini menggunakan fasilitas layanan online sehingga memudahkan petugas loket meregister pasien yang akan mendapatkan layanan kesehatan. Untuk pasien Umum di kenakan Pembayaran administrasi pendaftaran sesuai PERDA.
b.      Petugas Loket akan meregistrasi no askes pasien dengan menggunakan Aplikasi SIMPUS,  yang kemudian akan di arahkan ke Poli Umum, Poli Gigi atau Poli Kia sesuai dengan keluhan yang di rasakan oleh pasien.
c.       Tanpa menunggu lama, pasien akan di panggil oleh petugas Poli (Poli Umum, KIA atau Poli GIGI). Proses anamnesa di Ruang Poli pelayanan dilakukan dengan sistem online, Dokter yang melakukan pemeriksaan akan memberikan pelayanan yang optimal di dampingi oleh petugas paramedis lainnya. Petugas poli akan meregister anamnesa , keluhan, diagnosa, pemeriksaan penunjang dan obat atau terapi yang akan di berikan, sehingga obat yang akan di berikan secara otomatis terkirim di Ruang Apotik.
d.      Petugas apotik langsung meracik obat yang telas diresepkan dokter setelah melihat kiriman resep dari Komputer online, sehingga pasien bisa langsung mendapatkan obat yang di butuhkan tanpa menunggu lama.
e.      Untuk pasien yang mendapatkan rekomendasi atau pengantar untuk pemeriksaan Laboratorium, pasien langsung ke Ruang Laboratorium dengan membawa pengantar.
f.        Bagi pasien yang mendapatkan Rujukan Di fasilitas Kesehatan Tingkat lanjutan , akan melanjutkan surat rujukan yang di berikan ke Ruang Rujukan untuk di register dan di stempel.
        B.    Pasien Gawat
1.      Pasien dengan kondisi gawat akan masuk di Ruang UGD 24 Jam yang tersedia. Petugas Para medis akan memberikan tindakan kegawatdaruratan dengan di dampingi dokter Umum.
2.      Setelah memberikan tindakan medis, petugass UGD akan meregister pasien secara online, baik itu anamnesa, maupun terapi obat yang di berikan sehingga dapat langsusng di terima oleh petugas apotik.
3.      Ruang UGD juga di lengkapi fasilitas obat-obatan  sehingga saat pasien datang pada jam malam, dapat langsung di berikan terapi pengobatan
       C.  Pasien bersalin
1.      Pasien datang ke rumah bersalin 24 jam yang telah di sediakan di puskesmas Unaaha dengan membawa kartu kepesertaan jaminan kesehatan atau kartu keluarga.
2.      Petugas KIA yang terampil dan berpengalaman akan memberikan layanan kesehatan KIA, baik itu pelayanan partus,  Post partum maupun Neonatal.
3. Pasien akan di register secara online sehingga memudahkan petugas untuk mendokumentasikan riwayat kesehatan, tindakan  dan terapi yang di berikan.
 PELAYANAN PASIEN DI POLI UMUM


 PELAYANAN PASIEN DI RUANG LOKET
 PELAYANAN PASIEN DI POLI GIGI
 PELAYANAN PASIEN DI RUANG APOTIK
 PELAYANAN PASIEN DI POLI KIA/ RUANG BERSALIN